Tentang Kami

Komunitas ini bernama ‘Santri Menggglobal’, dan kini sudah menjadi yayasan dengan nama tercantum ‘Santri Mengglobal Nusantara’ berdasarkan surat keputusan dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan nomor AHU-0002560.AH.01.04 TAHUN 2020, Pada tanggal 7 Februari 2020.

Cikal bakal berdirinya sudah dicetuskan pada pertengahan Agustus 2017 di Belanda. Namun, secara resmi baru diperkenalkan pada publik pada tanggal 1 Oktober 2018.

Berdirinya komunitas ini didasari dengan semangat sekumpulan anak muda Indonesia untuk membantu lebih banyak lagi santri Indonesia agar bisa belajar di luar negeri.

Tidak bisa dipungkiri, peran santri Indonesia bagi kemajuan peradaban Indonesia dan Islam di negeri ini sangatlah vital. Ini bisa dilihat dengan banyaknya prestasi dan kontribusi yang ditorehkan oleh sejumlah ‘kaum sarungan’ bagi negeri ini, salah satunya adalah mulai banyaknya santri Indonesia yang mengisi pos-pos penting di pemerintahan maupun lembaga pendidikan.

Menyadari pentingnya peran santri tersebut, Santri Mengglobal memandang perlu untuk melakukan sebuah terobosan dengan cara mengajak dan memotivasi santri Indonesia lebih banyak lagi untuk mau belajar di luar negeri, khususnya belajar ke luar negeri dengan beasiswa. Dengan belajar di luar negeri, diharapkan Santri Indonesia dapat menambah dan memperluas cakrawala keilmuan yang mereka dapatkan di pesantren, menambah relasi mancanegara untuk kemajuan santri dan persantren di masa depan.

Hanya saja, Lazim ditemukan, sejumlah santri Indonesia masih kerap merasa minder dan merasa tidak layak untuk belajar di luar negeri, juga ada yang merasa tidak mampu karena merasa akan kalah bersaing untuk dapatkan kuota beasiswa belajar di luar negeri dengan mereka yang non-santri.

Pada sisi lain, Kalaupun ada keinginan belajar di luar negeri, pemahaman yang masih sering terbesit di kebanyakan benak santri Indonesia adalah bagaimana kelak bisa belajar di Timur Tengah untuk memperdalam ilmu agama. Tidak ada keinginan belajar di negara-negara lain selain Timur Tengah, dengan alasan tidak sejalan dengan ilmu kepesantrenan. Padahal, Islam adalah agama universal yang tidak mengajarkan pemeluknya untuk tidak mendikotomikan ilmu pengetahuan dan memerintahkan umatnya untuk medalami ilmu Allah sebanyak mungkin dengan harapan agar nantinya bisa semakin dekat dengan pencipta alam, Allah SWT.

Dari beberapa persoalan diatas sesungguhnya, komunitas, komunitas Santri Mengglobal ingin mencoba hadir menawarkan beberapa agenda strategis yang dimaksudkan untuk membangkitkan semangat dan motivasi santri Indonesia untuk mau belajar di luar negeri, tidak hanya di Timur Tengah, tetapi juga di banyak negara dan benua di dunia, Asia, Amerika, Australia, Afrika, juga Eropa.

Fokus kerja komunitas Santri Mengglobal terhimpun dalam kata ‘EIM’, yang merupakan singkatan dari : Edukasi, Informasi, Motivasi.  Adapun rinciannya dapat dilihat di bawah ini.

EDUKASI

  1. Mengenalkan sistem dan metode pendidikan yang digunakan di banyak kampus di luar negeri.
  2. Mengadakan pendampingan dan pelatihan seputar tips dan trick dapatkan beasiswa belajar di luar negeri.
  3. Mengadakan pelatihan seputar tata cara mendapatkan LOA (letter of acceptance) dari kampus di luar negeri.
  4. Mengadakan pelatihan cara menulis CV berbahasa inggris, motivation letter kuliah.
  5. Menjadi fasilitator pengiriman dai santri untuk dakwah Islamiyyah di luar negeri.
  6. Mengadakan program educational trip ke luar negeri.
  7. Pendampingan belajar TOEFL, IELTS dan TOAFL.

INFORMASI

  1. Menyebarluaskan informasi beasiswa studi  di luar negeri.
  2. Menyebarluaskan informasi beasiswa pertukaran pelajar, conference, educational trip di luar negeri.
  3. Menyebarluaskan informasi penunjang persiapan beasiswa studi di luar negeri.

MOTIVASI

  1. Menyediakan grafis motivasi penyemangat belajar.
  2. Menyediakan program diskusi online maupun offline bersama santri alumni luar negeri.
  3. Menyediakan tulisan kisah perjuangan dan pengalaman santri saat berjuang dapatkan beasiswa dan studi di luar negeri.

Go Follow!. Akan banyak informasi tentang bagaimana studi di Timur Tengah, Eropa, Asia, Australia, Amerika. Saatnya santri mengglobal!