Mengenal Sejarah, Mengenal Budaya; Jalan Presiden Pertama Republik Indonesia di Mesir
Di Kairo Barat – Mesir ada jalan bernama jalan Ahmad Soekarno, siapa lagi kalau bukan sosok Sang Proklamator Presiden pertama Republik Indonesia Bapak Ir. Soekarno.
10 tahun setelah kemerdekaan Indonesia, tepatnya Juli 1955, Soekarno melakukan kunjungan ke Mesir guna memberikan saran dan ide kepada Presiden Mesir yang ingin menutup Universitas Al-Azhar agar niat pemerintah Mesir untuk menutup Al-Azhar dibatalkan. Pada saat kunjungan tersebut Soekarno disambut meriah oleh Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser berserta jajarannya dan juga rakyat mesir.
Kunjungan Presiden Soekarno tak hanya pada tahun 1955 saja, pada tahun 1960 bulan April, Presiden Soekarno juga mendapatkan gelar kehormatan “Doktor Honoris Causa” dari pemerintah Mesir.
Hasil dari hubungungan diplomasi Indonesia – Mesir kini berbuah manis tidak hanya berdampak baik pada hubungan diplomasi 2 negara ini saja melainkan berdampak baik ke pribadi Presiden Soekarno yang kini namanya dijadikan jalan di Mesir yaitu jalan Ahmad Soekarno.
Kenapa ada tambahan Ahmad? Sebab, dijadikan sebagai tanda bahwa presiden Indonesia adalah seorang Muslim.
(Darma Ami Fauzi, mahasiswa Al Azhar University)


Santri Mengglobal

Bantu santri untuk bisa belajar di luar negeri

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *