Imam Muslim (204-261 H) meriwayatkan Hadis bahwa Rasulullah Saw, memerintahkan sayidina Ali bin Abi Thalib Ra, agar membaca doa yang artinya kurang lebih seperti ini:
“Ya Allah berikanlah aku petunjuk dan tunjukan lah aku jalan yang lurus dalam kehidupanku  sebagaimana lurusnya panah.”
Manusia sebagai hamba Allah Swt tentu mendambakan kehidupan yang bahagia,  baik di dunia maupun di akhirat. Dambaan ini tidak akan terwujud tanpa petunjuk dan ridha-Nya. Oleh karena itu sangat dianjurkan agar kita selalu memohon petunjuk dan bimbingan agar tidak terjerumus pada lembah kesesatan.
Termasuk saat kita tengah dialanda kecemasan dan kebingungan untuk menentukan arah pendidikan, perbanyaklah memohon petunjuk kepada-Nya agar diberikan tempat belajar yang terbaik dan dimudahkan untuk menggapainya. Bagi yang punya keinginan belajar di luar negeri namun bingung harus bagaimana, hendaknya memohon petunjuk terlebih dahulu kepada-Nya setelah itu lakukan usaha dengan semaksimal mungkin.
Dalam riwayat lain Rasulullah Saw juga sering berdoa dengan redaksi seperti ini

اللهم إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

Dua redaksi doa yang telah disebutkan ini dapat diamalkan tanpa pertimbangan hal lain karena keduanya terdapat dalam kitab induk hadis yang otentik.
Semoga kita selalu berada dalam Hidayah-Nya. Amiin


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *