Salam santri mengglobal! Untuk kawan-kawan di manapun kalian berada, kali ini kami dari santri mengglobal akan mengenalkan salah satu monumen sejarah di Kota Alexandria, Mesir yaitu Benteng Qaitbay. Bagi kalian yang pernah berkunjung ke Alexandria Mesir, mungkin sudah tidak asing lagi. Kurang lengkap rasanya kalau kamu berkunjung ke Alexandria, tapi tidak berpose di depan Benteng Qaitbay.
Benteng Qaitbay dibangun oleh Sultan Qaitbay, salah seorang Sultan Mamalik yang memimpin pada tahun 1472 M. Dari segi arsitekturnya bangunan ini memadukan corak seni Islam. Benteng Qaitbay itu sendiri dipakai untuk membentengi Kota Iskandariyah dari serangan-serangan luar.
Luas benteng secara keseluruhan berkisar 2 hektar. Sebelum didirikannya Benteng Qaitbay, tempat ini merupakan sebuah mercusuar yang memiliki ketinggian 135 meter bernama Mercusuar Iskandariyah. Mercusuar ini dibangun di bagian paling timur Iskandariyah pada tahun 280 M, terdiri dari empat tingkat dan merupakan salah satu dari keajaiban dunia. Namun sebuah gempa besar telah menghancurkan seluruh bagian mercusuar tersebut, dan di tempat runtuhnya mercusuar inilah Benteng Qaitbay didirikan.
Jarak yang harus ditempuh dari Kairo menuju Alexandria berkisar 236 km. Menghabiskan waktu sekitar 4-5 jam lamanya tergantung kendaraan yang digunakan.
Selain Benteng Qaitbay masih banyak lagi tempat-tempat indah dan bersejarah lainnya yang patut disambangi di Alexandria, seperti Museum Yunani-Romawi, Museum Nasional Alexandria, Romanian Theatre, Makam para ulama dan auliya Allah, Perpustakaan Alexandria, Pantai dan Taman Muntazah.
Alexandria bagi sebagian besar Mahasiswa Indonesia, bukan hanya tempat tujuan bagi mereka yang ingin menghilangkan rasa penat pasca ujian, tetapi juga tempat tujuan bagi mereka yang ingin menghabiskan liburannya dengan mengikuti dauroh-dauroh pengajian bersama para Syeikh dari Universitas Al-Azhar yang tinggal di Kota Alexandria.
Jika kamu yang belum pernah menginjakan kaki di Alexandria, khususnya Benteng Qaitbay dan penasaran ingin tahu seperti apa visualisasi tempatnya, kamu bisa melihat melalui film fenomenal “Ketika Cinta Bertasbih 1” bagian ketika Azzam (Kholidi) dan Pak Ali (Alm. Didi Petet) berbincang seputar jodoh.
Bagaimana Benteng Qaitbay di Kota Alexandria menurutmu?
Semoga dengan tulisan ini bisa meningkatkan ghirah bagi yang ingin menuntut ilmu atau sekedar berkunjung ke Mesir.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *