Setiap orang pasti mendambakan pancaindra yang selalu berfungsi dan sehat, terlebih pendengaran dan penglihatan, keduanya sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia, kita tentu tidak akan merasakan nikmatnya belajar bila kedua pancaindra ini mengalami gangguan. Sebab dalam kegiatan belajar kita perlu membaca, dan membaca memerlukan kesehatan mata sebagai mana untuk mendengar memerlukan kesehetan pendengaran. Itu sebabnya, tidak sedikit orang yang rela mengorbankan hartanya demi kesehatan kedua pancaindra ini.
Imam Tirmidzi (209-279 H) dalam kitabnya Sunan al-Tirmidzi meriwayatkan Hadis bahwa Rasulullah Saw, selalu berdoa seperti ini
اللَّهُمَّ مَتِّعْنِي بِسَمْعِي وَبَصَرِي وَاجْعَلْهُمَا الوَارِثَ مِنِّي، وَانْصُرْنِي عَلَى مَنْ يَظْلِمُنِي، وَخُذْ مِنْهُ بِثَأْرِي.
Artinya kurang lebih seperti ini:
Ya Allah berikan lah kepadaku pendengaran dan penglihatan yang baik, dan tetapkanlah keduanya dalam kesehatan dan keselamatan sampai ajal menjemputku, tolonglah aku dari orang yang mendzalimiku dan balaslah ia dengan dendamku”
Dalam riwayat Imam Abu Daud seorang sahabat yang bernama Nafi’ bin al-Harits di waktu pagi dan petang selalu membaca doa ini tiga kali:
اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ
Artinya
“Ya Allah Berikanlah kesehatan pada tubuhku, pendengaranku dan penglihatanku, tiada Tuhan yang pantas disembah kecuali engka Ya Allah”
Yang melatarbelakangi Nafi’ bin al-Harits selalu konsisten membaca doa ini karena Nabi Saw selau membacanya di setiap pagi dan petang.
Semoga panca indra kita selalu berfungsi dan digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat
Salam Santri Mengglobal


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *