Santri Scholar!
Fasilitas terbaik untuk belajar bukan lah bangunan sekolah yang serba mewah, bukan pula kendaraan yang serba mahal atau alat belajar yang serba canggih, itu semua hanya sebatas penunjang saja kendati kita pun membutuhkannya. Ada yang lebih dibutuhkan oleh setiap orang dari dua hal tadi yaitu kesehatan jasmani dan rohani, semangat belajar akan selalu ada bilamana kesehatan rohaninya terjaga, sebab hal ini yang menjadi benteng untuk melindungi diri dari virus kemalasan. Namun, kesehatan rohani saja tidak cukup, perlu juga dibarengi dengan kesehatan jasmani. Sebab, bila jasamani kita terkena penyakit, terkadang menjadi penghalang belajar.
Di antara doa untuk berlindung dari penyakit hati dan rohani ini adalah sebagai berikut;

اللهم جَنِّبْنِيْ مُنْكَرَاتِ الْأَخْلَاقِ وَالْأَعْمَالِ والْأَهْوَاءِ والْأَدْوَاءِ

Artinya
“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kemungkaran akhlak, perbuatan, hawa nafsu dan penyakit”
Doa ini terdapat dalam kitab al-Mustadrak ‘Ala Shahihain karya Imam al-Hakim al-Naisapuri (w. 405 H) dan kitab Sunan Tirmidzi karya Imam Abu Isa al-Tirmidzi (w 279 H) dalam kitabnya sunan Tirmidzi. Dalam hadis tersebut Rasulullah Saw berlindung dari empat hal. Tiga pertama timbul dari penyakit rohani sementara yang terakhir adalah penyakit jasmani.
Dari sini penulis berkesimpulan bahwa penyakit hati atau yang lazim disebut dengan penyakit rohani jauh lebih berbahaya dibandingkan penyakit jasmani. Semoga kita dilindungi dari keduanya. Wallahu’alam.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *