Bicara tentang Mesir sepertinya tidak pernah ada habisnya. Negeri dengan julukan “Ummu ad-Dunya” ini memiliki sejuta cerita unik. Tidak hanya peninggalan kuno yang bersejarah, akan tetapi dari segi kuliner, Mesir pun memiliki beragam macam makanan khas. Beberapa minggu lalu, kita sudah sedikit mengulas tentang makanan pokok Mesir yaitu Isy.
Untuk kali ini, kita akan mengulas beberapa jenis makanan khas Mesir.

 Mulukhiya


Pertama adalah Mulukhiya. Jika kamu sudah pernah berkunjung ke Mesir, tentunya makanan ini sudah tidak asing lagi. Sayur yang berasal dari tanaman rami dan corchorus dimasak bersama potongan daun bawang serta bawang putih dan juga ketumbar. Biasanya Mulukhiya ini menjadi hidangan tambahan saja. Hanya beberapa mahasiswa saja yang gemar mengonsumsi makanan ini, alias jarang. Mungkin karena tampilan dan teksturnya yang kurang menggugah selera. Dari segi rasa, Mulukhiya ini persis seperti sayur bayam dan berlendir. Jika berkesempatan mencobanya, tips dari kami; makanlah dalam satu tarikan napas! Agar tidak menimbulkan rasa mual bagi yang belum terbiasa.

Mahsi


Kedua, mahsi. Mahsi adalah makanan yang terdiri dari nasi bumbu yang dibungkus sayuran. Makanan ini juga terkenal di berbagai macam Negara selain Timur Tengah loh, seperti Armenia dan Polandia. Sekilas, mirip seperti onigiri dari Jepang, dan kimbab dari Korea, akan tetapi mahsi ini lebih kaya rasa dan lebih kompleks komposisinya.
Mahshi terbuat dari sayuran seperti zucchini, terong, tomat, paprika, daun anggur ataupun kol yang diisi dengan nasi campur. Biasanya nasi dicampur dengan berbagai rempah. Sayuran yang telah diisi dengan nasi campur tersebut kemudian direbus bersama dengan kaldu dan air selama 40 hingga 60 menit hingga sayuran lunak. Hmmmm…. Interested to taste it?

Kofta


Terakhir untuk kali ini, bagi kamu pecinta daging kambing atau domba, pasti akan menyukai makanan khas Mesir yang satu ini; kofta. Kofta merupakan potongan daging domba yang dihaluskan dengan campuran rempah ditambah dengan campuran daun mint dan daun peterseli (Parsley). Daging yang telah dicampur berbagai bahan itu dibentuk seperti sosis dan dibakar diatas arang seperti halnya sate. Dari segi penampilan, kofta ini memang tidak begitu sedap dipandang. Akan tetapi jangan salah, kofta ini makanan dengan rasa juara!
Hanya saja bagi standar orang Indonesia, penyajian kofta masih kurang sempurna karena tidak dihidangkan dengan sambal kecap atau sambal kacang seperti sate khas indonesia pada umumnya. Dikarenakan mayoritas masyarakat Mesir tidak menyukai pedas, kofta ini hanya dihidangkan dengan mayones sebagai sentuhan akhirnya.
Itulah beberapa makanan atau hidangan khas Mesir yang memiliki tampilan serta rasa yang unik dan menarik.
*Sumber gambar milik pribadi


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *