الّلهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ، وَجَمِيْعِ سَخَطِ

Artinya
“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah engkau berikan, dari lepasnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu.”
Santri Scholar!
Begitu banyak kenikmatan yang Allah Swt anugerahkan kepada kita, terutama kenikmatan belajar. Memiliki waktu untuk belajar dan ditunjang dengan fasilitas yang memadai merupakan anugerah-Nya yang tiada tara. Santri harus selalu bersyukur dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, sebab di sekitar kita masih banyak yang ingin sekolah dan kuliah namun mereka belum memiliki kesempatan dan fasilitas sebagaimana yang kita miliki saat ini.
Doa di atas merupakan bagian dari doa-doa yang senantiasa dipanjatkan oleh Nabi Saw, dalam kitab ‘Aun al-Ma’bud dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan Kenikmatan dalam doa ini adalah kenikmatan Iman, Islam dan Ihsan juga kenikmatan pengetahuan, sementara yang dimaksud dengan “lepasnya kesehatan” adalah berubahnya kedaan dari sehat menjadi sakit dan dari kaya menjadi miskin. wallahu a’lam.  

Categories: Wawasan Kesantrian

Santri Mengglobal

Bantu santri untuk bisa belajar di luar negeri

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *