Dare To Dream High
Perjuangan untuk dapatkan beasiswa studi di luar negeri tidak ada yang mudah. Semuanya melelahkan, butuh kesabaran dan perjuangan ekstra. Gagal? Biasa. Hampir tidak ada seorangpun penerima beasiswa yang tidak pernah gagal. Kunci utamanya adalah jangan putus asa dari rahmat kuasa dan Jangan mudah menyerah!
Berikut sedikit cerita kilas balik perjalanan saya studi di luar negeri.
Bukan perkara mudah mewujudkan keinginan untuk mencicipi pengalaman studi di English-speaking country. Butuh waktu kurang lebih 4th sejak saya lulus S1 (2013) sampai mulai kuliah S2 di The University of Adelaide, South Australia (2017). Mulai dari meningkatkan English proficiency saya (TOEFL) darir yang masih di bawah 500 dengan cara mengikuti kursus TOEFL preparation sehabis pulang bekerja hingga mendapatkan beasiswa kursus bahasa asing (fokus ke IELTS prep) sponsored by Mora Scholarship Kemenag, pendalaman kemampuan bahasa Inggris saya pun terus saya genjot.
Sembari mengikuti program pengembangan bahasa, pendaftaran beasiswa pun turut saya lakukan. Total ada 7x saya mendaftar beasiswa baik di dalam maupun luar negeri. Sempat merasa ingin menyerah di tengah jalan karena lelah berakali-kali gagal. Tapi, rasa penasaran dan keinginan saya yang begitu besar untuk “go international”, membuat saya terus menerus mencoba. Sehingga akhirnya di trial ke-7 saya berhasil mewujudkan mimpi saya melalui BEASISWA UNGGULAN KEMENDIKBUD.
Saya ucapkan terima kasih kepada Kemendikbud yang telah mempercayakan saya untuk mendapatkan pengalaman luar biasa belajar di luar negeri. Pun, untuk beberapa scholarships yang telah saya apply. Meskipun saya gagal mendapatkannya, terima kasih saya haturkan sedalam-dalamnya atas tempaan yang diberikan kepada saya.
Karena akhirnya saya tahu bahwa KEGAGALAN bukanlah AKHIR dari perjuangan.
Pada akhirnya, hidup memang tidak ada yang mudah. Bahkan mau makan pun, kita harus membeli bahan makanan lalu memasaknya, baru bisa menikmatinya.
Semoga teman-teman scholarship hunters selalu dimudahkan dalam petualangannya menggapai MIMPI.
Salam hangat dari saya yang juga pernah GAGAL.
Kita semua BISA!!!
 
By:
Titis Kusuma Dewi
 


Santri Mengglobal

Bantu santri untuk bisa belajar di luar negeri

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *