Menyelami laut merah, begitu bermakna bagi mereka yang menyelaminya bersama pikiran dan jiwa, hingga hati akan terus bertasbih akan indahnya dasar laut yang tersusun rapih.

Terumbu karang dengan aneka ragam warna, pun jutaan spesies ikan yang berenang dengan bebasnya. Keindahan dasar laut yang sangat luar biasa itu, membuat saya tiada henti memuji kuasa-Nya.

Bicara soal laut merah, tentunya tidak terlepas dengan sebuah kisah legendaris tentang seorang nabi yang bisa membelah lautan.

Bagaimana dulu Nabi Musa AS berserta para pengikutnya melewati laut merah yang terbelah oleh sebuah tongkat atas izin dan kuasa Allah Swt.

Nabi Musa AS yang lari dari kejaran sang penguasa dzolim pada masanya yaitu Fir’aun dan bala tentara. Sampai akhirnya Allah SWT memberikan pertolongan, ditenggelamkanlah Fir’aun serta bala tentaranya saat melintasi laut merah.

Beberapa waktu lalu, saya bersama beberapa teman menikmati liburan musim panas ke kota Hurghada untuk menikmati keindahan laut merah. Memakan waktu 5 jam dari kota kairo dengan jarak tempuh sekitar 475 km.

Sebenarnya, ada juga laut merah yang dekat dengan kota Kairo yaitu Pantai Aen Al-Shoknah dengan jarak tempuh 150 km. Namun, bagi saya dan teman-teman rasanya kurang asyik kalau liburan berangkat pagi pulang sore.

Kebetulan saya dan teman-teman adalah orang yang sangat menyukai perjalanan. Semakin jauh perjalanan semakin banyak yang bisa kita lihat, amati dan tentunya disyukuri. Oleh karena itu, kami memilih laut merah yang ada di kota Hurgada. Agar lebih terasa menikmati pemandangan saat perjalanan ke tempat tujuan.

S

Buat kamu yang memiliki hobi menyelam atau snorkeling maka Hurghada pilihan yang tepat. Mau itu backpacker atau pergi dengan agen travel, biaya yang dihabiskan tidak begitu jauh berbeda. Kisaran 1 juta rupiah bila dinominalkan dari pound mesir ke mata uang rupiah.

Buat kamu yang tidak suka menyelam, di Hurgada juga ada tempat penyewaan ATV. Siapa tahu kamu ingin merasakan sensasi mengemudi di tengah gurun pasir. Akan tetapi, jangan lupa bawa sorban untuk menutup kepala dan wajah dan juga bawa kaca mata hitam!

Kembali ke laut merah yang ada di Hurghada. Letak kota Hurghada terdapat di bagian Timur laut merah. Lautnya memiliki keindahan yang luar biasa, surga bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan liburan musim panasnya dengan diving atau snorkeling. Biasanya pegawai hotel menawarkan paket untuk kami pilih, misalnya diving. Kamu bisa pilih privat atau kolektif.

bersiap untuk menyelam ke dasar laut

Ada beberapa pengalaman unik dan juga pelajaran baru saat menyelam. Pertama, buat kamu yang baru pertama kali menyelam seperti saya, harus membiasakan napas hanya dengan mulut saja ketika sudah di dalam laut. Karena sangat berbahaya sekali ketika kamu sudah sampai di dasar laut namun kamu tak sengaja menghirup napas dengan hidung yang pada akhirnya membuatmu panik.

Penutup yang dipakai untuk menyelam, terbuat dari karet segingga ketika kamu mencoba bernafas seperti biasa dengan hidung malah akan membuatmu mampet dan sesak sehingga panik. Pada awalnya sayapun begitu, hingga pada akhirnya mencoba kembali untuk membiasakan bernafas hanya dengan mulut.

Kedua, saat menyelam otomatis kita tidak bisa bicara, yang ada hanyalah isyarat tangan. Ini terkhusus kamu yang menyelam masih ditemani dengan guide, ketika kamu sudah sampai dasar laut untuk mengmati terumbu karang, namun tak sadar kamu berpose dengan jempol ke atas, maka yang dipahami guide adalah isyarat bahwa kamu ingin ke permukaan.

Di dasar laut merah kedalam 10 meter

Nah sangat menarik bukan dan buat kamu penasaran bagaimana rasanya menyelam di laut merah Hurghada! mungkin terdengar biasa untuk diving dan snorkeling, tapi yang membuat diving itu luar biasa adalah menyelam di laut merah! Laut di mana Fir’aun dan bala tentaranya ditenggelamkan oleh Allah SWT.

Dan dari sana saya bisa menyimpulkan, kenapa Fir’aun dan bala tentaranya bisa tenggalam? Karena meraka tidak bawa pelampung dan tabung gas untuk menyelam, hehehe.

Jangan lupa untuk check in hotel sesampainya di tempat tujuan. Tentunya, pilihlah hotel yang berdekatan dengan laut, jadi kalau bersantai di balkon hotel bisa sambil menikmati indahnya pantai dan pemandangan sunrise ataupun sunset. Nah saya pun mendokumentasikannya di youtube dan boleh dibuka Linknya https://youtu.be/zKy16BYOOMk.

Darma Ami Fauzi
Mahasiswa Al-Azhar Kairo-Mesir

*Nb : Sumber Gambar milik Pribadi


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *