Dear Santri Scholars!

Kali ini kita akan belajar doa agar dilindungi dari berbagai keburukan yang datang dari diri kita sendiri, terkadang kita sibuk menengok keburukan orang lain, namun justru kita lupa dengan keburukan diri sendiri.

Terkadang juga kita sibuk dengan kesalahan orang lain, tapi lupa dengan kesalahan diri sendiri. Oleh sebab itu, alangkah baiknya kita memohon perlindungan agar terhidar dari keburukan yang ditimbulkan oleh panca indra dan hati kita.

Imam Tirmidzi (w 279 H) meriwayatkan bahwa ada sahabat yang bernama Syakal bin Humaid datang dan meminta diajarkan doa kepada Nabi Saw, kemudian Nabi aw memegang pundak sahabat tersebut kemudian mengajarkan doa ini

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ سَمْعِي، وَمِنْ شَرِّ بَصَرِي، وَمِنْ شَرِّ لِسَانِي، وَمِنْ شَرِّ قَلْبِيْ

Artinya

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari keburukan telingaku, dari keburukan mataku, dari keburukan lisanku, dari keburukan hatiku, dan dari keburukan kemaluannku”

Keburukan seringkali bersumber dari empat anggota badan ini, jika telinga dan mata tidak terjaga dari keburukan, maka akan mudah menerima berita bohong atau yang populer disebut hoax.

Terlebih di media sosia, arus informasi yang tidak lagi terkendali akan mudah dilahap mentah-mentah kemudian disebarkan oleh lisan, sehingga hasilnya adalah pertikaian, saling hina, saling mejatuhkan satu sama lain, semua itu tidak lain bermuara dari keburukan hati. Hati yang penuh dengan keburukan dan kebencian, sulit mengakui kebaikan dari orang yang dibencinya.

Santri Scholars!

Mari kita perbanyak intropeksi diri, jaga hati, jangan mudah membenci, jangan mudah diprovokasi dan saling menghormati. Santri harus selalu ada di garda terdepan untuk menjadi penenang dan pemersatu umat.


Santri Mengglobal

Bantu santri untuk bisa belajar di luar negeri

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *