Sebagian besar manusia di seluruh pelosok bumi ada kecenderungan yang teramat sangat untuk mengejar yang namanya realitas materi. Karena dengannya berharap mendapatkan kesenangan dan kepuasan dalam menjalani hidup. Maka tak heran hampir seluruh waktu dihabiskan untuk mengejar keduniaan. Mengejar ilusi dan kefanaan,

Mereka mengejar ilusi sebagaimana melihat air di padang pasir saat kehausan. Sesuatu yang disangka air tersebut ternyata hanya fatamorgana. Hanya tipuan yang nyata… Hal ini pernah disinggung oleh Albert Einstein seorang ilmuwan sekaligus filusuf barat berikut: “Semua kenyataan yang terlihat sesungguhnya hanyalah ilusi, sebuah tipuan mata yang sangat kuat dan sulit dihapuskan.” Senada dengan Einstein, Socrates, seorang filosof kenamaan, juga mengingatkan:

وقال طَالِبُ الدُّنْيا كنَاظِر السراب يحسبه ماء فيتعب نفسه فى طلبه، فاذا جاء خانه ظنه وفاته امله وبقى عطشه، ودامت حسرته وخسر طول عنائه. [نزهة الأرواح، ١ / ١٤

“Pemburu dunia adalah seperti orang yang melihat fatamorgana, disangkanya air hingga ia berjibaku untuk mendapatkannya. Namun, saat ia mendatanginya ternyata prasangkanya salah, sangkaannya telah menipu dan lenyaplah angan-angannya untuk minum air dan ia pun tetap dalam dahaga yang amat sangat. Ia larut dalam kesedihan dan kerugian yang berkepanjangan.”

Oleh karenanya, dunia dan segala perhiasannya pada hakikatnya hanyalah fatamorgana. Semua untuk menguji manusia apakah mengejar kesenangan yang menipu tersebut atau mencari Dia Yang Maha Ada.

Bagi orang-orang yang ingkar dan tidak mau mengakui keberadaan-Nya kemudian mengejar dunia dan kesenangannya, ibarat mengejar bayangan air di padang pasir dimana hal itu tidak akan pernah menghilangkan dahaganya. Disangkanya air namun hanyalah fatamorgana. Tak pernah terpuaskan. Bagaimana mungkin mendapatkan kepuasan padahal yang dikejar adalah bayangan ilusi saja?. Sia-sia perbuatan mereka karena hanya mengejar ketiadaan/ ilusi dan di akherat menjadi orang yang rugi.

Istanbul, Turkey 2017

Al-Faqiir

Ahmad Syafi’i SJ, M.S.I


Santri Mengglobal

Bantu santri untuk bisa belajar di luar negeri

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *