“Puasa bukan alasan bermalas-malasan.”

Ibadah puasa seringkali dianggap oleh sebagian orang sebagai beban, bahkan ada juga yang menjadikan puasa sebagai legitimasi untuk tidak melakukan aktivitas sehingga berdampak pada rasa malas. Padahal, Allah Swt memerintahkan berpuasa sebulan penuh pada bulan suci ramadhan bukan semata-mata untuk menahan lapar, haus dan hawa nafsu saja. Akan tetapi, masih banyak manfaat puasa yang belum tersingkap kemanfaatannya

Dalam kitab Ash-shiyam Adabuhu wa Mathalibuhu wa Fawaiduhu Fadhailuhu yang ditulis oleh Syeikh Abdullah Siraj Ad-Din Al-husaini RA, beliau menukil bahwa puasa memiliki berbagai macam manfaat, diantaranya :

  1. Puasa merupakan wasilah bagi kesahatan, meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah dari berbagai penyakit yang bersarang di dalam tubuh. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Berpuasalah, maka kamu akan sehat.”
  2. Meningkatkan daya fikir sehingga mempermudah otak dalam menangkap segala macam informasi. Jadi sangat disayangkan loh, kalau kamu yang berpuasa tapi hanya digunakan untuk tidur dan bermalas-malasan. Kenapa tidak dalam kesempatan ini, kamu gunakan untuk memperkaya isi otakmu?
  3. Meringankan anggota tubuh dalam melaksanakan ibadah. Dikarenakan dampak buruk dari seringnya mengkonsumsi makanan itu membuat kamu mudah mengantuk dan berat untuk beraktivitas. Oleh karena itu, disyari’atkannya puasa guna meringankan tubuh kita untuk melakukan berbagai kegiatan terutama dalam beribadah.
  4. Puasa menjadi sebab dikabulkannya setiap harapan dan diijabahnya doa-doa. Relevan dengan sebuah hadits Nabi SAW yang isinya: “Ada tiga doa yang tidak akan Allah tolak. Pertama doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka.”

Itulah sebagian manfaat puasa yang dinukil oleh Syeikh Abdullah Siraj Ad-Din dalam kitabnya. Semoga dengan apa yang beliau tuliskan dapat meluruskan kembali niat puasa dan memotivasi semangat kita dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadhan ini. Agar kelak, tidak ada lagi orang-orang yang menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan.

Kairo, 11 mei 2019


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *