Setiap surat dalam al-Quran memliki keutamaannya masing-masing, baik yang dijelaskan langsung oleh Nabi saw maupun hasil dari penafsiran para ulama, tak terkecuali dengan surat yasin. Surat yang terdiri dari 83 ayat ini sering dibaca dalam berbagai momentum seperti acara Tasyakuran, selamatan, khitanan, kematian, dan lain sebagainya. Banyak yang bertanya, apa rahasianya? Dan apa keistimewaannya?

Ulama tafsir jempolan, Imam Ibnu Katsir (700-774 H) dalam tafsirnya mengutip sekian riwayat tentang keutaman surat yang disebut dengan hatinya al-Quran ini untuk pembacanya, antara lain;

1. Mendapatkan Ampunan Allah swt

Riwayat Imam Al-Hafidz Abu Ya’la meriwayatkan hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda:

مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ

Artinya

Barangsiapa yang membaca surat yasin pada malam hari, Allah Swt mengampuni dosanya di pagi harinya

Imam Ibnu Hiban juga meriwayatkan hadis dari Jundub bin Abdillah, bahwa Rasulullah Saw bersabda:

مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ ابْتِغَاءَ وَجْهِ الله عز وجل غُفِرَ لَهُ

Artinya

Barang siapa yang membaca surat Yasin pada suatu malam semata-mata niatnya hanya untuk Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya.

2. Akan Dimudahkan Urusannya

Imam Ibnu Katsir mengutip pendapat ulama yang mengatakan

مِنْ خَصَائِصِ سُوْرَةِ يس أَنَّهَا لَا تُقْرَأُ عِنْدَ أَمْرٍ عَسِيرٍ إِلَّا يَسّرَهُ اللهُ تَعَالَى

Artinya

Di antara keistimewaan surat Yasin adalah tidaklah surat ini dibacakan saat menghadapi perkara yang sulit, keculai Allah Swt akan memudahkannya.

Maka wajar jika ada orang yang sedang memiliki hajat kemudian membaca surat yasin, dengan semoga Allah Swt memudahkan urasannya.

Mengapa Surat Yasin Dibacakan Pada Malam Jumat?

Dalam hadis yang disebutkan di atas, dijelaskan secara umum bahwa surat yasin ini dibaca pada malam apa saja, tidak ada ketentuan pada malam tertentu atau setiap malam jumat. Hanya saja, tidak semua orang mampu membacanya di setiap malam karena berbagai alasan. Jika demikian, bagi yang tidak sanggup membaca surat yasin setiap malam, maka minimal dalam seminggu sekali yaitu di malam jumat.

Mengapa Orang Yang Meninggal Dibacakan Yasin?

Kita sering menjumpai surat yasin ini dibacakan kepada orang yang tengah menghadapi sakaratulmaut, jenazah, dan kepada ahli kubur. Hal ini bukan berarti tidak ada landasan dalilnya. Ulama papan atas seperti Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Ibnu Katsir menjelaskan landasan dalil amaliah ini dalam karya-karyanya. Setidaknya ada tiga keutamaan yang diuraikan oleh kedua ulama ini jika diلاacakan kepada mayit;

1. Allah Swt menurunkan rahmat bagi mayit

2. Allah Menurunkan Keberkahan bagi mayit

3. Allah Memudahkan ruhnya keluar saat dicabut.

Penjelasan ini bisa dilihat dalam tafsir Ibnu Katsir dan riwayatnya dalam Al-Musnad karya Imam Ahmad bin Hanbal

Wallahu’alam.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *