Siapa sih yang tidak tahu dengan Dubai, kota besar yang sangat luar biasa dan selalu menjadi destinasi oleh para bintang film terkenal di Dunia, seperti halnya jajaran Artis Hollywood begitupun Artis Bollywood.

Memiliki impian untuk bisa berlibur jalan – jalan ke kota Dubai adalah hal yang paling banyak di inginkan oleh setiap orang, begitupun juga dengan saya dan teman-teman. Setelah kami menyelesaikan Study di Universitas Al-Azhar strata 1, kami memang berniat untuk segera pulang ke tanah air tercinta dan kepulangan kami tak lain untuk mengabdikan diri atas apa yang telah kami raih ditanah rantau ini. Namun sebelum saya dan kawan-kawan memesan tiket pulang, kami berdiskusi Bersama agar perjalanan pulang kami ke Indonesia tak sekedar pulang saja, melainkan kami mengambil jatah transit untuk berlibur, maka dari itu kami sepakat untuk memesan tiket Kairo-Jakarta dengan transit 22 jam di Dubai.

Pilihan kami transit di Dubai itu hasil dari pertimbangan yang matang dan kesepakatan Bersama dengan berbagai alasan. Pada awalnya Turki adalah tujuan kami, namun karena disana kami tidak ada teman yang menyambut dan budget kami yang pas-pasan kami maka dubai lah sebagai destinasi liburan kami dengan memanfaatkan visa transit.

Ada beberapa tips yang ingin saya share tentang tips jalan-jalan di Dubai dari mulai pengurusan visa hingga mengunjungi destinasi-destinasi yang luar biasa dan ini bisa menjadi bahan pertimbangan buat kamu untuk berlibur ke Dubai :

Pertama, Visa Di Dubai Bermacam-macam, mulai visa 48 jam, 96 jam, visa 30 hari dan visa 90 hari, itu semua memiliki syarat dan ketentuan tersendiri, Bisa cek di www.visitdubai.com. Untuk mendapatkan visa transit 48 jam dan 96 jam di UAE sangatlah mudah, walapun pada awalnya saya pribadi merasa khawatir dan takut kalau saya dan teman-teman ternyata tidak bisa mendapatkan visa transit, dan akhirnya berbagai informasi terus kami cari, mulai dari searching mbah goegle hingga kami datang ke kantor emirates yang berada di Kairo, namun hal itu tidak membuahkan hasil apa-apa, lalu saya coba tanyakan kepada mereka yang pernah mengambil visa transit di Dubai. Salah satu dari mereka yang saya tanya mengenai visa transit memberi saya informasi dan memberikan kontak salah satu pegawai yang kerja di Dubai bagian Visa kebetulan juga pegawai tersebut orang Indonesia. Saya mendapatkan informasi yang membahagiakan, yaitu untuk visa transit bisa di urus langsung di Bandara Dubai tanpa harus Check in Online dengan syarat minimal durasi transit 9 jam lamanya dan sudah membooking hotel, kemudian biaya membeli visa transit di Dubai itu bevariatif, saya dan teman-yang yang transit selama 22 jam masuk kedalam biaya transit 48 jam yaitu harus membayar 10 USD.

So ! jadi buat kamu yang memang ingin berlibur ke UAE khususnya Kawasan Dubai, kamu bisa memanfaatkan transit kamu menjadi liburan yang luar biasa.

Kedua, Transportasi yang amat mudah, dengan adanya Metro membuat para pengunjung mudah untuk melakukan kegiatan dari satu tempat ke tempat yang lain, namun jangan lupa sebelumnya kamu harus membeli kartu metro dan mengisi saldonya. Kebetulan saat itu kami tidak mengeluarkan uang untuk mebeli kartu metro, karena kedatangan saya dan teman-teman sudah disambut hangat oleh sahabat kami yang sedang bekerja di Dubai yaitu Syahrul, sahabat satu pondok dengan saya dulu. Saldo yang di isi 20 dirham = 77.000 rupiah sudah bisa membawa kami keliling dubai, ya mungkin sekitar 4 perjalanan bulak-balik dan mudahnya itu terhubung dari bandara ke destinasi-destinasi hiburan seperti mall Dubai dan Burj khalifah.

Ketiga, Jarak Dari satu Destinasi ke destinasi yang lain terbilang dekat alias tidak begitu jauh. Hal ini yang memudahkan para wisatawan dalam mengunjungi setiap tempat yang ada di Dubai.

Keempat, Destinasi yang amat luar biasa salah satunya Burj Khalifah, siapa yang tidak tahu dengan bangunan tertingga di Dunia ini, tingginya kini yang telah mengalahkan Menara Eifel dan Piramida. Bangunan yang mulai diabngun sejak 2004 dan selesai pada tahun 2010 ini menjadi icon utama dan berpose di depan Burj Khalifah adalah bukti bahwa kamu telah benar-benar berkunjung ke Dubai. Karena tingginya Burj khalifah terkadang membuat photographer harus rela jongkok atau bahkan berbaring agar satu Gedung ini dapat tertangkap layar kamera. Untuk detailnya destinasi akan say aulas khusus di tulisan berikutnya, biar khusus. Hehe.

Di Depan Gedung Burj Khalifaj

Kelima, Tertibnya lalu lintas di Dubai menjadi salah satu hal menakjubkan bagi para pengunjung yang baru pertama kali mengelilingi Dubai, termasuk saya dan kawan-kawan. Mungkin ini sesuatu hal yang tak perlu dikagetkan bagi mereka yang sudah berkunjung ke eropa.

Nah itu semua cerita singkat tentang Dubai, kota besar dengan kekayaan teknologinya dan luar biasanya sistem keamanan.

Dubai, 9 Desember 2019


1 Comment

Fandi · February 12, 2020 at 9:04 am

Hi Darma,
Lagi galau ngurusin visa dubai, dan ketemu blog ini.
Kebetulan, saya juga berencana transit di Dubai dan ingin ambil visa transit yang 48 jam.
Kalau boleh tahu, waktu berhasil dapat visa transit 48 jam seperti yang diceritakan di blog ini, Darma naik maspakai apa ke Dubai nya?
Kebetulan saya naik Thai Airways, sehingga dari Indonesia hanya bisa apply visa turis, yang harganya 1 juta.
Jadi kalau ternyata, bisa apply di airport Dubai seharga 10 USD, akan sangat membantu budget trip saya.
Sori jadi panjang. Thank you sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *