مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Qs An-Nahl:97)

Ayat di atas merupakan jaminan dari Allah swt bagi orang yang beriman dan senantiasa melakukan amal shalih, bahwa Allah swt akan membalas amal shalihnya itu dengan kehidupan yang baik. Lantas apa yang dimaksud dengan kehidupan yang baik dalam ayat ini?

Para ulama memberikan penafsiran bahwa yang dimaksud dengan kehidupan yang baik itu adalah kehidupan yang disertai dengan kesehatan, rezeki yang halal, kebahagiaan, kepatuhan kepada Allah dan sikap merasa cukup dari apa yang dimilikinya. Semua itu tentu harus didasari dengan keimanan kepada Allah swt, sebagaimana yang Nabi saw sabdakan:

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ أَسْلَمَ، وَرُزِقَ كَفَافًا، وَقَنَّعَهُ اللّه بِمَا آتَاهُ

Sungguh beruntung orang memeluk agama Islam dan diberi rezeki yang cukup serta qana’ah terhadap apa yang Allah berikan kepadanya. HR. Muslim (204-261 H)

Kehidupan yang baik bisa juga diartikan dengan ketenangan hidup, kondisi tidak banyak hutang, tidak punya musuh, keluarga yang harmonis, dan lain sebagainya.

Ketika seseorang berbuat baik, pada hakikatnya dia tengah menanam benih-benih kebaikan untuk dituai di kemudian kelak. Tidak akan rugi ketika kita berbuat kebaikan sekecil apapun karena Allah swt Maha Mengetahui dan akan membalas kebaikan yang kita perbuat. Sebagaimana firman Allah swt.

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا

Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. (QS. Al-Isra: 7)


Santri Mengglobal

Bantu santri untuk bisa belajar di luar negeri

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *