Pada tanggal 1 februari 2020 lalu, Yayasan santri mengglobal mendapatkan surat undangan untuk menghadiri dan turut berkontribusi dalam kegiatan Suhu Expo 2020 di Pondok Pesantren Sunanulhuda Cikaroya Cisaat Sukabumi, kegiatan ini dibawah naungan bapak KH Fikri Ali Majid Sanusi selaku Pimpinan Ponpes Sunanulhuda saat ini. Kami sangat bangga dan mengapresiasi yang sebesar-besarnya dengan kegiatan expo ini, acara yang dihadiri oleh sebagian besar para alumninya dan santri kelas akhir ini sangat ramai dan dipenuhi dengan sorak gembira. Mereka sangat antusias dengan acara Suhu Expo 2020.


Tema yang dibawa sangat pas dan cocok untuk meningkatkan jiwa tholabul ilmi “Make your dream’s come true” yaitu yang berisi seminar Pendidikan dan seminar motivasi bagi seluruh yang hadir umumnya dan khususnya bagi para santri yang hadir. Kami dari team santri mengglobal yang diberikan ruang untuk menjadi narasumber saat itu sangat senang sekali namun juga merasa malu dan tidak pantas, karena diruang yang sama kami disandingkan dengan Ibu Yeni Ratna Yuningsih, PhD. Selaku manajer PMU Program 5000 Doktor Luar Negeri. Sosok wanita yang amat luar biasa, yang membuktikan pada dunia, bahwa wanita juga berhak untuk menuntut ilmu setinggi mungkin dan menunjukan bahwa wanita berhak untuk menjadi cerdas .


Rentetan acara pertama yaitu pengenalan tentang kontribusi yayasan santri mengglobal, mengenal beberapa kegiatan yang akan dilakukan maupun yang sudah dilakukan oleh santri mengglobal, hal ini disampaikan oleh Kak Diki Ramdani alumnus UIN Syarif hidayatullah Jakarta dan juga Almunus Daussunnah Jakarta, beliau pun termasuk salah satu Wisudawan terbaik di Darussunnah. Tidak hanyal mengenalkan program santri mengglobal, namun juga memberikan berbagai macam motivasi u ntuk para peserta. Bahwa hijrah dari satu tempat ketempat yang dalam menuntut ilmu adalah sebuah keharusan dan ini yang di contoh jauh oleh para sahabat, tabi’in dan ulama-ulama terlebih dahulu. Istilah santri mengglobal hanyal transformasi kata saja, karena pada dasarnya, tujuan utamanya adalah meningkatkan para santri dan teman-teman untuk tidak membatasi diri dalam mencari ilmu alias memaksa untuk bergerak jauh dalam mencari ilmu.


Kemudian setelah Kak Diki Memaparkan tentang itu semua, materi selanjutnya disampaikan oleh Kak Darma Ami Fauzi, salah satu alumnus dari Universitas Al-Azhar Kairo, kak darma memberikan beberapa tips untuk lulus tes Mesir menurut Opininya pribadi :

  1. Niat & Tekad
  2. Mentalitas
  3. Persiapan :
    a. Keilmuan (hapalan al-qur’an 2 juz, sirah nabawiyah, fiqh, nahwu, shorf dll)
    b. Pemberkasan
  4. Do’a
    a. Orang tua
    b. Guru
    c. Makhluk disekeliling kita
  5. Bersyukur ketika lulus/diterima
  6. Tawakal dan sabar ketika gagal atau belum keterima

6 hal tersebut adalah langakah awal yang benar-benar harus dipersiapkan oleh para pemburu beasiswa atau yang ingin ikut serta dalam tes seleksi mahasiswa baru di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir.

Ketiga adalah materi yang ditunggu-tunggu oleh para hadirin yang ada dibalai pertemuan yaitu motivasi belajar yang disampaikan oleh Ibu Yeni Ratna Yuningsih, PhD. Ibu yeni alumni S3 McGill University, Canada dan kini posisi beliau sebagai Manajer PMU Program 5000 Doktor Luar Negeri. Beliau menekankan kepada agar terus belajar sampai kapanpun dan dimanapun. Beliau tidak membedakan antara kaum adam dan kaum hawa. Yang namanya belajar dan menggapai kecerdasan tidak hanya untuk kaum pria saja yang berhak namun kamu wanitapun punya ruang dan hak dalam menggapai itu semua, bukan niat untuk menyaingi kaum laki-laki melainkan untuk menjadi madrasatul ‘ula bagi anak-anaknya kelak. Banyak motivasi dan juga arahan yang amat luar biasa yang kami terima saat itu. Sungguh acara SUHU EXPO 2020 ini adalah program yang amat luar biasa, semoga kita bisa bertemu kembali dan menjalin tali silaturahmi.

Peserta SUHU EXPO 2020


Salam hormat kami kepada Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Sunanulhuda Cikaroya Sukabumi dan juga para assatidz beserta panitia yang turut mengundang kami dan memberikan izin kepada kami dalam mensharing sedikit ilmu kami. Semoga dai kegiatan ini menjadi salah satu ladang amal kita dan saksi bahawa kita adalah para tholabul Ilmi yang haus akan ilmu dan Pendidikan.

Darma Ami Fauzi


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *