Ada beberapa aktivitas yang biasa dilakukan oleh sebagian orang Indonesia namun ternyata itu adalah aktivitas yang aneh menurut sebagian orang Mesir. Apa saja sih aktivitas tersebut?

1. Memakai sarung di perkotaan
Orang Mesir memiliki kebiasaan yang sangat berbeda dengan sebagian orang Indonesia, memakai sarung keluar rumah entah itu ke masjid, ke warung atau ke tempat-tempat umum lainnya bagi masyarakat Indonesia adalah hal cukup lumrah dan biasa, namun berbeda dengan kebiasaan orang Mesir. Warga di sana tidak ada yang keluar rumah menggunakan sarung, karena bagi mereka sarung adalah pakaian yang dipakai setelah orang melakukan hubungan suami istri. Kebiasaan orang Indonesia bersarung di keramaian Kota Kairo menjadi sorotan publik. Seiring berjalannya waktu, karena semakin banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir dan semakin ramai juga yang mungkin ketika di Indonesia sering memakai sarung ketika keluar rumah makan orang Mesir pun sudah sedikit paham tentang perbedaan kebiasaan dan kini tidak perlu malu atau khawatir lagi kalau kita ketika ingin pergi keluar rumah memakai sarung.

2. Beli cabai dengan jumlah banyak
Orang Indonesia yang namanya makan kalau tanpa sambal sepertinya kurang sempurna. Sambal menjadi teman pelengkap apapun makannya. Maka dari itu, cabai sebagai bahan utama sambal harus ready stock atau siap sedia di apartemen. Hal ini lah yang membuat orang Mesir kaget ketika melihat orang Indonesia membeli cabai dengan jumlah banyak seperti 2-5 kg. Karena cita rasa dan lidah yang berbeda antara lidah orang Asia dan afrika. Moayoritas warga Mesir lebih menyukai makanan manis atau asam dibanding dengan makanan yang rasanya pedas.
Hampir semua makanan khas Mesir memiliki cita rasa khas khusus. Kalau tidak hambar, asam, atau sedikit asin. Maka kamu jangan aneh kalau jalan-jalan ke Negeri Piramida ini dengan cita rasa kulinernya. Orang Mesir sangat tidak toleran dengan sambal buatan khas orang Indonesia. Nah kalau kamu ingin menjamu orang Mesir jangan lupa ya ditakar rasanya terlebih dahulu kalau ingin menghidangkan sambal, alangkah baiknya diberi tahu dulu bahwa itu pedas. Bahasa Arabnya sambal “sattoh”

3. Minum Es teh manis atau Es kopi
Hal kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan oleh orang Mesir adalah teh dan kopi. Para wisatawan ketika berkunjung ke Mesir pasti akan selalu menemukan yang namanya kafe-kafe di pinggir jalan dan selalu saja ramai. Apalagi kafe itu dilengkapi dengan TV yang siarannya adalah sepak bola. Orang Mesir yang menonton sepak bola di kafe harus ditemani dengan teh panas atau kopi panas.

Salah satu guru saya berkunjung ke Indonesia dan ditawarkan es teh manis, beliau kaget, karena ini diluar kebiasaan mereka. Kata beliau “yang namanya teh itu harus medok dan panas” Tidak ada yang namanya teh dingin begitupun es kopi. Maka dari itu kalau ada orang Mesir yang berkunjung ke Indonesia atau kamu yang mahasiswa Indonesia yg sedang belajar di Mesir kemudian mengundang Syeikh ke apartemen, jangan sekali-kali memberikan teh hangat, dingin dan juga kurang pekat, maka dipastikan tidak akan diminum. Karena di luar kebiasaan menurut mereka.

4Jongkok Di pinggir Jalan
Menunggu angkutan umum di pinggir sambil berdiri mungkin bisa membuat kaki pegal, apalagi angkutan umum yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang. Jika hal seperti itu terjadi di Indonesia dan tidak ada tempat duduk biasanya orang Indonesia menunggu sambil berjongkok di tepi jalan, atau mungkin tidak hanya dalam menunggu angkutan umum, kebiasaan nongkrong di tepi jalan adalah hal yang biasa dan tidaklah aneh bagi kita. Akan tetapi tahukah kamu, bahwasanya melakukan hal seperti nongkrong di tepi jalan adalah aib bagi warga Mesir, mereka sangat anti sekali dengan yang namanya nongkrong atau jongkok di tepi jalan. Di Mesir ada banyak sekali tempat jus, biasanya kalau tempat jus buah itu kecil, ia tidak memberikan kursi untuk pembelinya sehingga para pembeli lebih baik minum berdiri dibanding jongkok. Nah kalau kamu coba-coba jongkok ketika kondisi membeli jus dan tidak ada kursi, maka siap-siap kamu akan jadi pusat perhatian dan semua mata aka tertuju kamu.

Nah itu semua yang di atas adalah sedikit Beberapa Aktivitas Aneh dan jarang dilakukan oleh orang Mesir. Selain kamu harus paham bahasa mereka (orang Mesir) ketika berkunjung ke negaranya, kamu juga harus perhatikan kebiasaan mereka, agar kamu tidak menjadi sorotan mereka. Heheh.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *