Jumat, 9 Oktober 2020 Santri Mengglobal gelar dialog interaktif virtual dengan tema ‘Sinergi Santri Untuk Membangun Negeri’. Rangkaian acara puncak hari lahir Santri Mengglobal yang ke-2 ini menghadirkan tiga pemateri utama, yakni Dr. H. M. Asrorun Ni’am Sholeh, MA, Dr. H. Basnang Said, S.Ag., M.Ag, dan Choirul Anam, S.E., M.E., Ak., C.A  Setelah sebelumnya ada review buku ‘Untaian Motivasi Dalam Nadhom al-‘Imrithi’ karya Amien Nurhakim, ngobrol malam tentang ‘Maknai Gagal Berulang untuk Beasiswa Gemilang’, doa bersama, dan ngobrol prestasi.

Dalam dialog interaktif tersebut, Dr. H. Basnang Said, S.Ag., M.Ag mengajak untuk kembali mengingat fungsi kehadiran pesantren di bumi nusantara ini sebagai pusat pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat. Selain pada itu, saat ini pesantren juga harus berada di garda terdepan dalam menangani isu kesehatan, teknologi, dan ekonomi. Lebih lanjut, ketua subdit pendidikan pesantren Kementrian Agama RI ini menghimbau agar para santri bisa berselancar belajar di luar negeri tanpa melupakan pesantren sebagai tempat dibesarkannya. “Silahkan berselancar ke luar negeri, jangan lupa tempatmu di pesantren. Dan di manapun kalian berada, jangan lupakan habitatmu sebagai santri, tetaplah menjadi Indonesia”, ujarnya.

Untuk membangun negeri yang kita cintai ini, Dr. H. Asrorun Ni’am Shaleh, MA mengajak agar semua santri bisa bersinergi dan melakukan langkah-langkah yang kreatif dan inovatif, tidak sekedar menjadi konsumen tapi juga harus menjadi produsen “lakukan mekanisme kreasi untuk yang lebih baik lagi, di Kemenpora ada wadah pertukaran pelajar ke berbagai negara, mari kita bersinergi” kata deputi bidang pengembangan pemuda Kemenpora RI ini.

Santri juga harus percaya diri dengan kesungguhannya dalam menekuni sesuatu termasuk dalam meraih cita-cita untuk melanjutkan belajar ke luar negeri. Choirul Anam, S.E., M.E., Ak., C.A menuturkan bahwa dengan belajar ke luar negeri dapat meningkatkan softskill, mengenal budaya dan etos kerja, komunitas global, menambah ilmu dan wawasan, dan travelling sebagai bonusnya. Koordinator Persatuan Pelajar Dunia ini menegaskan akan peran santri di tengah masyarakat. “santri tugasnya belajar, tidak ada halangan bagi santri untuk tidak melakukan sesuatu” pungkasnya

Acara ditutup dengan pengumuman Final Peserta Fully Funded program Global Visit and Young Volunteer (GIVE) 2020. Program ini diselenggarakan oleh Santri Mengglobal yang bertujuan untuk memperkenalkan santri pada wawasan global, meningkatkan cinta tanah air, dan semangat pengabdian.


Santri Mengglobal

Bantu santri untuk bisa belajar di luar negeri

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *