JAKARTA, SantriMengglobal.com – Guna menjaga dan meningkatkan mutu para santri Indonesia, Santri Mengglobal Bersama Kedubes AS (Us Embassy), Lembaga AFS Indonesia dan Bina Antar Budaya menggelar webinar nasional secara daring melalui platfrom Zoom dan Live Youtube pada Selasa (31/8/2021). Webinar tersebut mengusung tema “NgobrAS (Ngobrol Asyik) Program Fully Funded Pertukaran Pelajar ke Amerika dalam Agenda Youth Exchange Study”.

Youth Exchange Study (YES) merupakan program fully funded pertukaran pelajar Indonesia ke Amerika yang diperuntukkan bagi siswa MA/SLTA/SMA sederajat. Informasi mengenai agenda ini mendapat antusias tinggi dari para santri, guru, hingga wakil pengasuh beberapa pondok ternama di Indonesia seperti, Ponpes Modern Assalam Sukabumi, Ponpes Modern Al Aqsa Sumedang, Ponpes Al Urwatul Wutsqaa Sulawesi Selatan, Ponpes Arrahman Sukabumi, Ponpes Nurul Huda Bekasi, MA AL-Hikmah 2 Jawa Tengah, Ponpes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, MA Daarul Huffaz Sumatera, Ponpes Modern Subulussalam Banten, Ponpes Bina Insani Bali, dan MA Al Amin Tabanan Bali.

Hal ini juga terlihat dari banyaknya jumlah partisipan yang bergabung pada media Zoom dengan rincian yakni peserta dari kalangan santri 1.182, peserta pada kanal Youtube sebanyak 1.400, 15 panitia dari tim Santri Mengglobal, Kedubes AS dan Lembaga Bina Antar Budaya, serta perwakilan sponsorship dari Griya Peradaban, Intip Kuliah dan CSSMORA, ditambah 3 orang sebagai narasumber dan satu orang sebagai moderator, dengan jumlah keseluruhan 2.604 peserta.

Ibu Mary Trechock selaku Pejabat Bidang Kebudayaan Kedubes AS memberikan sambutannya dalam acara tersebut. “Pandemi COVID-19 bukanlah sebuah halangan bagi seseorang yang memiliki mimpi besar. Tetaplah asah kemampuan diri.” Tema yang diusung oleh panitia  diharapkan dapat menjadi solusi saat ini agar para pelajar khususnya para santri di Indonesia tetap memiliki kegiatan yang produktif dan dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas diri.

Lebih lanjut mengenai Youth Exchange Study dapat dilihat pada https://afsindonesia.org/yes-program/

Categories: Uncategorized

Santri Mengglobal

Bantu santri untuk bisa belajar di luar negeri

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *