Santri Mengglobal Inisiasi Program International Exposure Bagi Santri di Malaysia, Singapura dan Thailand - Santri Mengglobal

Visi misi yang ingin diraih Yayasan Santri Mengglobal Nusantara adalah untuk membantu lebih banyak santri Indonesia untuk mendapatkan kesempatan mengabdi dan belajar di luar negeri. Harapannya Yayasan Santri Mengglobal Nusantara dapat menjadi wasilah bagi para santri untuk mendapatkan pengalaman internasional (international exposure) yang diwujudkan dalam salah satu programnya yakni International Islamic Comparative Study (IICS) Batch 3 pada tahun 2022.

International Islamic Comparative Study (IICS) Batch 3 pada tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 07 – 12 September 2022 dan diikuti oleh 28 peserta dari berbagai kalangan santri mulai dari mahasiswa, dosen dan pegiat komunitas lainnya yang bertempat di 3 negara yakni Malaysia Singapura dan Thailand. Beberapa agenda yang merangkai acara tersebut adalah Study on Historical Site di Melaka, Malaysia dengan jadwal english speaking class and research market, campus tour/academic visit, serta kegiatan cultures dan fun activites lainnya di tiap negara.

Selain melakukan campus tour/academic visit di di UCSI University yang ada di Kuala Lumpur, Malaysia dan juga National University Singapore (NUS), peserta IICS Batch 3 juga diajak untuk mengunjungi beberapa objek bersejarah dan wisata yang berada di Malaysia, seperti Menara kembar Petronas, Genting Highlands, dan Batu Caves. Di Singapura peserta berkesempatan mengunjungi Merlion Park dan China Town sedangkan di Thailand peserta mengunjungi Cham Puak Camp di Hatyai, Sleeping Buddha, Khlong Hae Floating Market dan Samila Beach.

Amanca Pamalina Lapasa, salah satu panitia IICS Batch 3, menjelaskan bahwasanya program study tour ini merupakan program tahunan Santri Mengglobal, namun karena terhalang kondisi Pandemi Covid-19 sehingga program IICS Batch 3 baru dilaksanakan kembali pada tahun 2022. ‘Program IICS Batch 3 merupakan salah satu bentuk ikhtiar para staff santri mengglobal yang terus berusaha sebaik mungkin menjadi wasilah bagi santri untuk meningkatkan semangat belajar dan berkembang dalam lingkup global. Semoga program ini memberikan momen international exposure yang berkesan bagi para peserta dan memotivasi peserta untuk dapat mengejar cita-citanya’ ungkapnya

Pelaksanaan program IICS Batch 3 kali ini memuat sejumlah materi, informasi dan diskusi yang menarik diantaranya: tips mendapatkan beasiswa dan bagaimana lingkungan studi Malaysia, diskusi informal tentang lingkungan studi di Singapura, serta mempelajari kultur budaya yang ada di Thailand. Saat berada di National University Singapore (NUS) peserta belajar banyak hal tentang pentingnya sumber daya perpustakaan sebagai penunjang akademik yang baik, sedangkan saat ada di UCSI University Malaysia Santri Mengglobal menjadi fasilitator MoU antar beberapa kampus di Indonesia dengan UCSI Malaysia. Tidak lupa terdapat banyak fun activities (program santai) menarik lainnya.

Alissa Fatma Bagusga, salah satu peserta program IICS Batch 3 dari Ponpes Al-Quran dan Sains Nurani (PPQS Nurani), mengutarakan kesannya selama mengikuti kegiatan International Islamic Comparative Study (IICS) Batch 3 tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Yayasan Santri Mengglobal “Alhamdulillah! Bersyukur luar biasa bisa bertemu teman-teman dan panitia yang ada disini, bisa nambah pengalaman, nambah ilmu dan banyak kegiatan bermanfaat lainnya. Kedepannya semoga Santri Mengglobal semakin jaya dan mengglobal!”. Ungkapnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *