Yayasan Santri Mengglobal Nusantara terus melakukan banyak terobosan untuk turut membantu para santri agar menggapai cita-cita belajar di luar negeri melalui kegiatan Edukasi, Informasi dan Motivasi. Salah satu kegiatan yang mendukung hal tersebut adalah kegiatan Mentorship Intensif Beasiswa Turkiye Burslari 2022 yang dilaksanakan selama 7 kali pertemuan secara intensif. Selain itu peserta juga dapat menguji kemampuan bahasa asing dengan mengikuti TOEFL Prediction Test yang telah disediakan. Rangkaian acara Mentorship Intensif Beasiswa Turkiye Burslari 2022 dilaksanakan pada tanggal 21 Januari – 06 Februari 2022 dengan durasi waktu 2 jam setiap sesinya. Kegiatan Mentorship Intensif Beasiswa Turkiye Burslari 2022 ini dimentori oleh 2 Pemateri Utama dan 3 Fasilitator.

Sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2022 dipandu oleh Moderator, Ka Fajri Zulia Ramdhani sebagai Koordinator Bidang Pendidikan Santri Mengglobal serta diawali dengan Sambutan dari Pembina Yayasan Santri Mengglobal yang disampaikan oleh Ka Dito Alif Pratama. Selanjutnya materi disampaikan oleh Ka Zulfa Az Zahro, beliau merupakan mahasiswi S2 Selcuk University YTB Awardee 2018. Ka Zulfa Az Zahro menyampaikan materi tentang pengenalan beasiswa YTB Turki seperti bagaimana program beasiswa YTB Turki, fasilitas yang diberikan, batas usia pendaftaran beasiswa YTB, kriteria dan syarat-syarat yang harus dipenuhi, hingga cara mendaftar beasiswa YTB. Pada kegiatan tersebut Para peserta sangat antusias untuk mengenal lebih dalam tentang beasiswa YTB .

Sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2022 dipandu oleh Moderator, Ka Amanca Pamalina Lapasa sebagai Anggota Bidang Pendidikan Santri Mengglobal. Selanjutnya materi disampaikan oleh Ka Maulina Hikmatus Sa’adah, beliau merupakan mahasiswi S1 Selcuk University YTB Awardee 2018. Ka Maulina Hikmatus Sa’adah menyampaikan materi tentang cara mendaftar akun dan mengisi aplikasi. Tahap ini merupakan salah satu tahap paling penting dalam pendaftaran beasiswa YTB Turki karna tahap ini memuat berbagai informasi pribadi para pelamar seperti personal information, family information, contact info, education information, work experience dan CV, academic qualifications. dan lain sebagainya. Ka Maulina memberikan pengarahan secara lugas dan detail sehingga peserta dapat menyimak dengan seksama.

Selanjutnya materi yang disampaikan dilanjutkan dengan memberikan praktik secara langsung bagaimana cara mendaftar akun dan mengisi aplikasi yang dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2022. Pada tanggal 23 Januari 2022 mentor dan para peserta dengan serentak mempraktikkan cara mendaftar akun dan mengisi aplikasi yang dilakukan melalui website resmi beasiswa YTB Turki. Dengan demikian suasana pertemuan tersebut sangat intensif dan peserta dapat mencoba langsung untuk mengisi syarat dan data diri yang diperlukan.

Lalu pada tanggal 27 Januari 2022 dilaksanakan TOEFL Predicition Test. TOEFL Predicition Test dilaksanakan selama 3 sesi, yakni sesi 1 dilaksanakan pada pukul 10.00-12.00 WIB, sesi 2 dilaksanakan pada pukul 14.00-16.00 WIB, dan sesi 3 dilaksanakan pada pukul 19.00-21.00 WIB. Peserta Mentorship Intensif Beasiswa Turkiye Burslari 2022 dapat memilih salah satu sesi untuk mengikuti TOEFL Predicition Test. Selain dapat menguji kemampuan bahasa asing, TOEFL Predicition Test yang dilaksanakan oleh Yayasan Santri Mengglobal Nusantara juga dapat digunakan untuk mendaftar beasiswa YTB Turki.

Sesi keempat dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2022. Materi hari tersebut adalah tentang cara menulis CV yang disampaikan oleh Pembina Yayasan Santri Mengglobal yakni Ka Dito Alif Pratama. Beliau merupakan alumnus Vrije Universiteit, Amsterdam Belanda. Ka Dito Alif Pratama banyak memberikan tips dan trik cara menulis CV yang baik dan benar. Selain itu Ka Dito Alif Pratama juga melakukan praktik secara langsung terkait cara menulis CV.

Sesi kelima dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2022 dipandu oleh Moderator, Ka Fajri Zulia Ramdhani sebagai Koordinator Bidang Pendidikan Santri Mengglobal. Selanjutnya materi disampaikan oleh Ka Zulfa Az Zahro, beliau merupakan mahasiswi S2 Selcuk University YTB Awardee 2018. Pada hari itu Ka Zulfa Az Zahro menyampaikan materi tentang cara menulis Letter of Intent. Ka Zulfa Az Zahro banyak memberikan tips dan trik bagaimana cara menulis Letter of Intent yang baik dan benar.

Selanjutnya materi yang disampaikan dilanjutkan dengan memberikan praktik secara langsung bagaimana cara menulis Letter of Intent yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2022. Pada tanggal 30 Januari 2022 mentor dan para peserta dengan serentak mempraktikkan cara menulis Letter of Intent. Letter of Intent sangat penting untuk menunjukkan komitmen, tujuan dan harapan yang didapatkan melalui beasiswa YTB Turki.

Sesi terakhir yakni sesi ketujuh dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2022 dipandu oleh Moderator, Ka Amanca Pamalina Lapasa sebagai Anggota Bidang Pendidikan Santri Mengglobal. Selanjutnya materi disampaikan oleh Ka Amien Nur Hakim, beliau merupakan Sekretaris Umum Yayasan Santri Mengglobal. Pada sesi tersebut Ka Amien Nur Hakim menyampaikan materi tentang finalisasi pendaftaran beasiswa. Sesi acara dikemas dengan bincang santai untuk mengetahui follow up proses pendaftaran para beasiswa. Peserta terlihat sangat antusias mengikuti sesi terakhir acara mentorship ini.

Berikut Dokumentasi pada setiap sesi Kegiatan Mentorship Intensif Beasiswa YTB 2022 :

Materi Sesi 1 : Pengenalan Beasiswa YTB

Materi Sesi 2 : Cara Mendaftar Akun dan Mengisi Aplikasi

Materi Sesi 3 : Praktek Cara Mendaftar Akun dan Mengisi Aplikasi

Materi Sesi 4 : Cara Membuat CV

Materi Sesi 5 : Menulis Letter of Intent

Materi Sesi 6 : Praktik Menulis Letter of Intent

Materi Sesi 7 : Finalisasi Pendaftaran Beasiswa YTB

Alhamdulillah berakhir sudah kegiatan Mentorship Intensif Beasiswa YTB 2022 ini, semoga teman-teman peserta Mentorship dimudahkan dalam Apply Beasiswa Turkiye Burslarinya dan mampu menggapai impiannya menimba ilmu di negara Turki. Kami berharap kabar baik dari teman-teman semua..

Terima Kasih, Sampai Jumpa…


Santri Mengglobal

Bantu santri untuk bisa belajar di luar negeri

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.