Inggris, Santri Mengglobal – Muhammad Arinal Haq atau biasa dipanggil Aril raih penghargaan Making a Difference Award 2024 yang diselenggarakan oleh University of Manchester, United Kingdom pada Jum’at, 10 Mei 2024.

Mahasiswa asal Jepara, Jawa Tengah ini membawa program pemberdayaan dan pengabdiannya yang bernama NAYS Social Project (NSP) dalam Award tersebut. Sebagai informasi, NAYS Indonesia adalah Non-governmental Organization (NGO) yang telah terbentuk sejak 2018. Dan sampai saat ini konsisten melakukan program NSP hingga di 12 desa di berbagai daerah di Indonesia.

Making a Difference Award adalah ajang penghargaan tahunan yang diberikan oleh University of Manchester untuk inisiasi atau program-program yang memberi dampak dan kontribusi sosial secara nyata. Tahun ini, penghargaan ini diikuti oleh 120 lebih peserta yang terpilih (shortlisted). NAYS masuk dalam kategori Outstanding Contribution to Equality, Diversity and Inclusion bersama 3 program lainnya dan berhasil menjadi pemenangnya.

Dalam mengikuti award ini, Aril mendeskripsikan program-program dan kontribusi yang telah dilakukan oleh NAYS sebagai syarat mendaftar Making a Difference Award.

“Saya mencoba mendeskripsikan apa itu program NSP, bagaimana perjalanan, dampak yang telah diberikan dan menjelaskan kalau program NSP ini sesuai dengan kategori yang saya daftar, yaitu Outstanding Contribution to Equality, Diversity and Inclusion. Salah satu program yang saya jelaskan adalah NSP di Pulau Masalembu, Desa Bajo Pulau, Desa Entabang di Entikong, perbatasan Indonesia dan Malaysia”, kata Aril saat dihubungi tim PCINU UK.

Mahasiswa penerima Beasiswa LPDP ini juga menjelaskan bahwa dia merupakan mahasiswa Indonesia pertama yang memenangkan ajang ini bersama Prof. Delvac, Dosen University of Manchester asal Indonesia.

“Setahu saya, selama ini belum ada inisiasi atau program dari Indonesia yang berhasil masuk nominasi bahkan sebagai juara. Dan tahun ini kebetulan ada 2 nominasi dari Indonesia yang menjadi the winner, yaitu NSP dan juga SMARThealth yang diinisasi oleh Prof. Delvac dan tim dosen UoM yang berasal dari Indonesia”, ucapnya.

Dengan memenangkan award ini, Aril bersyukur dan berbahagia serta tidak lupa berharap semoga dengan capaian ini dapat lahir kolaborasi dari berbagai pihak dan dapat menjadi ajang memperkenalkan Indonesia di kancah internasional.

“Alhamdulillah tentu sangat bersyukur dan bahagia. Terlebih award ini bisa membawa nama Indonesia di kancah internasional dan juga sebagai ajang memperkenalkan NAYS Indonesia dengan kontribusinya. Semoga award dan rekognisi ini menjadi perantara bagi lahirnya kolaborasi-kolaborasi kebaikan dengan berbagai pihak untuk memperluas berbagai dampak kebaikan dan kebermanfaatan”, tutup Aril, Mahasiswa jurusan Pure Mathematics, University of Manchester, UK.***


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *